Preface

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah puji dan syukur senantiasa dipanjatkan kepada Allah SWT, atas Rahmat dan HidayahNya jua hingga penyusunan ICT For Education Program SMP Nasional KPS telah diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Program ini berisi seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan serta cara yang digunakan sebagai pedoman penggunaan ICT dalam penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sejalan dengan Visi Sekolah yaitu; “Menjadi Sekolah Menengah Pertama yang unggul dalam kualitas pembelajaran dan menjadi rujukan baik tingkat lokal, regional, nasional dan internasional“. Maka menjadi tanggung jawab setiap pendidik di SMP Nasional KPS untuk menguasai Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau Information Comunication Technology (ICT). Program ini menjabarkan kemampuan yang dimiliki pendidik dan siswa dalam bidang ICT dan sejauh mana aplikasi maupun pemanfaatan kemampuan tersebut untuk mengembangkan proses pembelajaran sehingga tercapai pembelajaran yang Inovatif, Inspiratif, Memotivasi, Menantang dan Menyenangkan (I2M3). Di samping itu, kombinasi antara teknologi informatika dengan teknologi-teknologi lain terkait khususnya teknologi komunikasi ini diharapkan dapat membawa siswa atau peserta didik dan pendidik (guru) mengembangkan wawasan berpikirnya ke arah berpikir global. ICT digunakan, diaplikasikan, dan diintegrasikan pada pekerjaan dan pembelajaran dengan mengacu pada pemahaman konseptual dan metode-metode informatif. Menggunakan Information and Comunication Tehnologi (ICT) di kelas tidak secara otomatis mengubah praktek rutinitas, kecuali para guru dan/atau pihak lain telah memiliki kemampuan dan kemauan untuk mengubahnya. Harapannya pendayagunaan ICT di sekolah berkembang karena memang diakibatkan oleh pilihan sikap para guru untuk mengubah pendekatan pendidikan/pembelajarannya yaitu dengan cara mengubah norma dan praktek rutinitasnya.

Dua model berikut ini memberikan kerangka berpikir bagi sebuah pengembangan kurikulum ICT dan dalam kerangka pengembangan profesional guru. Pertama, hasil penelitian mengenai pengembangan TIK di sejumlah negara maju dan berkembang menunjukkan adanya empat pendekatan besar di mana sistem pendidikan bergerak dari mulai mengadopsi hingga mengadaptasi TIK. Keempat pendekatan ini adalah (UNESCO, 2002): (1) hadir (Emerging), (2) aplikasi (Applying), (3) integrasi (Infusing), dan (4) transformasi (Transforming). Kedua, hasil penelitian di berbagai penjuru bumi tentang ini menggambarkan empat tahap besar di mana guru dan murid mempelajari mengenai TIK. Keempat tahap ini adalah (UNESCO, 2002): (1) mengenal alat-alat TIK (Discovering ICT Tools), (2) belajar Bagaimana Menggunakan alat-alat TIK (Learning How to Use ICT Tools),(4) memahami Bagaimana dan Kapan Menggunakan alat-alat TIK (Understanding How and When to Use ICT Tools), dan (5) pesialisasi dalam Penggunaan alat-alat TIK. (Specializing in the Use of ICT Tools).

Dari ke dua model tersebut dapat disimpulkan bahwa di SMP Nasional KPS Balikpapan dengan dasar dukungan kemampuan pendidik (guru) dan siswa dalam bidang ICT yang sudah memadai maupun fasilitas ICT sekolah yang cukup lengkap maka penggunaan, pemanfaatan ICT dalam proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan terus dikembangkan untuk menuju ketingkat global atau internasional.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

35 Responses to Preface

  1. Abu kamal says:

    I’m just lookfirst Sir. Not so bad…but for yunior high school level, this blog is very usefull I think. So goahead and be better tomorrow. Make your human resourses are powerfull, for support this blog.
    Best regard
    Mr. Purwo
    SMK Jayawisata, Solo

  2. edy wiyono says:

    Semoga usaha yang telah dilakukan bisa memberikan manfaat, untuk pengembangan profesi guru, khususnya terkait dengan fisika, bagaimana ya… penerapan ICT.. perlu ada format yang dirancang untuk itu. Saya sendiri pemahaman ICT belum utuh, perlu ada sharing ide dari banyak guru

  3. fritzinfo says:

    blogwalking sore-sore..
    salam kenal yah 🙂

  4. salam anda akan saya sampaikan pada beliau, terimakasih untuk waktu yg diberikan dan mampir di Fisika Um 🙂 semoga selalu sukses dan berhasil, jangan lupa selalu kabarkan perkembangan Fisika di Sana 🙂 matursuwun…

    Putut _ Malang 🙂

  5. smpputri says:

    Salam.
    Saya guru fisika SMP Putri Luqman Al Hakim, Ponpes Hidayatullah Surabaya. Minta ijin untuk mengunduh materi-materi yang ada disini.
    Moga2 kita bisa tukar info ttg pengajaran fisika agar murid kita tdk alergi dgn peljrn yg 1 ini 😀
    Wassalam…

    Lukman says:
    semua yang ada di blog ini bisa diunduh dengan/tanpa izin pemilik karena hak cipta itu hanya milik Allah SWT. saya sangat senang kalo semua guru smp mengunduh semua isi blog ini.

  6. kelvahn says:

    ^o^ bagus banget nic…

  7. shrachman says:

    Salam Pembaruan, Bung Lukman. Ini kali pertama saya berkunjung ke Blog Anda yang smart ini. Menarik sekali pernyataan Anda bahwa hak cipta itu hanya milik Allah SWT. Ini namanya semangat untuk berbagi yang keluar dari hati, maka karenanya patut diteladani. Saya berucap terimakasih kepada Anda atas kunjungannya ke Blog saya yang ala kadarnya. Mudah-mudahan silaturrahmi ini akan senantiasa terjaga.

  8. zaenul says:

    nice to meet you. salam buat semua rekan di Balik Papan, Assalamu’alikum Wr. Wb. so infoe dan silaturahminya kita tunggu.
    Wassalamu’alikum

  9. Assalamu’alaikum wr.wb..

    jadi ikut seminar pa tidak ?
    semoga saja ttep sehat ya…

    jgn lupakasih kabar buat Jurusan Fisika 🙂
    thanks bgt buat isian alumninya 🙂

  10. twelve13 says:

    terima kasih kunjungannya ke blog saya mas lukman. Saya menggemari Fisika dan mempelajarinya di tingkat sarjana. Dulu saya ingin buat blog juga yang berisi pelajaran Fisika untuk anak sekolahan. tapi, belum kesampaian tuh. Ini bagus sekali mas, semoga pendidikan kita semakin maju dengan adanya materi-materi pelajaran yang dapat diunduh secara gratis oleh para adik-adik kita.

  11. fakhruriza says:

    Selamat,
    Semoga kita bisa sering sharing ilmu pengetahuan pak,..

  12. edingulik says:

    Trim,s atas kunjungannya……

  13. Alistair Tody/7-1 says:

    pak mau tanya kenapa di indonesia belum dikembangkan pembangkit listrik tenaga surya ?

    Mr. Lukman says:
    Betul, nak! Menurut Wilson, Wakil Direktur Basic Science Center Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, dengan total intensitas penyinaran rata-rata 4,5 kWh per meter persegi per hari, Indonesia tergolong kaya sumber energi Matahari. Di samping itu, karena letaknya di khatulistiwa, Matahari bersinar di Indonesia per tahun berkisar 2.000 jam. Sementara itu, menurut data tahun 1997 dari Ditjen Listrik dan Pengembangan Energi, kapasitas terpasang listrik tenaga surya di Indonesia baru mencapai 0,88 MW dari potensi yang tersedia 1,2 x 109 MW. Semuanya bergantung pada kebijakan pemerintah untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk mengatasi krisis energi yang tengah berlangsung di negeri ini. (source : //www.energi.lipi.go.id/utama.cgi?artikel&1101865152&8)

  14. kertaslecek says:

    Pak kami dari Tim kertaslecek membuat blog yang isinya kumpulan soal fisika. Semoga blog kami berguna bagi seluruh sekolah di tanah air

    Tim kertaslecek
    http://www.kertaslecek.net

  15. Yusuf Ramadhan says:

    Pak, mau tanya kenapa air merupakan penghantar listrik yang baik ? contohnya orang bisa kesetrum bila airnya mengandung listrik

    Mr. Lukman says:
    Air (water) dalam rumus kimia H2O (H = Hidrogen, O = Oksigen). kalau air dikenai kawat bermuatan listrik maka air itu akan berubah menjadi H+ dan O-2 (tanda + dan -2 seharusnya di atas seperti pangkat), dari situ air bisa menghantarkan listrik. kita tidak boleh memegang benda-benda yang bermuatan listrik dalam keadaan basah.

  16. Alistair Tody/7-1 says:

    pak saya mau tanya mengapa di indonesia belum dikembangkan bbm dari tumbuhan misalnya singkong atau disebut bio diesel padahal jika dikembangkan di indonesia secara langsung indonesia ikut menghemat cadangan minyak dunia dan mengapa pemerintah sampai tidak kepikiran untuk mengembangkan biodiesel?

    Mr. Lukman says:
    Potensi Indonesia untuk mengembangkan bio diesel sangan bagus prospeknya karena Sumber Daya Alam di Indonesia sangat banyak tersedia, seperti penggunaan biji jarak sebagai BBM bio diesel (selengkapnya : http://www.ristek.go.id/file_upload/lain_lain/biodiesel/biodiesel.htm). Menurut Menteri ESDM, Purnomo Yusgiantoro, Peluang untuk mengembangkan potensi biodiesel di Indonesia cukup besar terutama untuk substitusi minyak solar mengingat saat ini penggunaan minyak solar mencapai sekitar 40 % dari total penggunaan BBM untuk sektor transportasi. Sementara penggunaan solar pada industri dan PLTD adalah sebesar 74% dari total penggunaan BBM pada kedua sektor tersebut.Bukan hanya karena peluangnya untuk menggantikan solar, peluang besar biodiesel juga disebabkan kondisi alam Indonesia. “Indonesia memiliki beranekaragam tanaman yang dapat dijadikan sumber bahan bakar biodiesel seperti kelapa sawit dan jarak pagar” papar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Dilain pihak juga terdapat lahan kritis cukup luas untuk dikembangkan sebagai kebun energi. Biodiesel juga memiliki kualitas mirip dengan petroleum-based biodiesel yang dapat digunakan pada kendaraan bermesin diesel tanpa perlu modifikasi. Bahkan tidak mengurangi performa mesin. “Selain itu teknologinya sudah cukup matang dan bisa ditangani langsung oleh SDM kita” papar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro.
    Jangan pesimis dulu, nak! Pemerintah akan menyediakan dana Rp 1 triliun pada tahun depan yang bisa disalurkan sebagai kredit kepada UKM dan Koperasi yang mengembangan biofuel. Selain itu disiapkan pula dana Rp 10 Triliun untuk pengembangan infrastruktur biofuel melalui departemen terkait. Kita tunggu aja kapan rencana itu direalisasikan. (http://www.esdm.go.id/berita/umum/37-umum/459-potensi-biodiesel-untuk-substitusi-bbm-cukup-besar.html)

  17. Alistair Tody/7-1 says:

    Albert Einstein itukan tokoh fisika apakah dia hanya menemukan teori relativitas dan apakah teori tersebut mendapatkan penghargaan nobel ?

    Mr. Lukman says:
    Einstein tidak hanya menemukan teori relativitas, Einstein juga menemukan efek fotoelektrik yang mendapatkan Hadiah Nobel pada tahun 1921. Berbagai penghargaan prestisius memang disandangnya, di antaranya Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) menetapkan tahun ini sebagai Tahun Fisika Internasional. UNESCO mengajak masyarakat dunia merayakan usia 100 tahun annus mirabilis papers (annus mirabilis diambil dari bahasa Latin yang artinya tahun keajaiban, 1905), makalah milik Einstein.

  18. Purbasari /7-1 says:

    Pak, Albert Einstein adalah salah satu tokoh fisika yang hebat, tetapi menurut ceritanya mengapa dia dikeluarkan dari sekolah?

    Mr. Lukman says:
    Einstein dikeluarkan karena Einstein kecil tumbuh sebagai siswa yang agak lambat menerima pelajaran. Ada kemungkinan karena diyslexia (kesulitan memahami bahasa) dan malu yang berlebih atau bahkan ada yang menyebut karena struktur otaknya yang lain daripada yang lain.

    Tapi Einstein santai saja. Anak penjual kasur yang beralih membuka bengkel elektrokimia itu menganggap bahwa teori relativitas yang dirumuskannya justru berkat kelambatan daya tangkapnya itu. Einstein mengatakan, “Dengan memiliki ruang dan waktu yang lebih lama daripada kebanyakan anak-anak lainnya, saya jadi mampu menerapkan kecerdasan yang lebih berkembang.” Itulah einstein.

  19. Hari suwondo says:

    selamat atas dibangunnya ITC nya…. semoga siten pendidikan di Indonesia semakin maju..

    Mr. Lukman says:
    Terimakasih atas semangatnya.

  20. Alistair Tody/7-1 says:

    efek fotoelektrik itu apa sih ?

    Mr. Lukman says:
    Efek fotolistrik (fotoelektrik) adalah peristiwa terlepasnya elektron dari permukaan suatu zat (logam), bila permukaan logam tersebut disinari cahaya (foton) yang memiliki energi lebih besar dari energi ambang (fungsi kerja) logam. Efek fotolistrik ini ditemukan oleh Albert Einstein, yang menganggap bahwa cahaya (foton) yang mengenai logam bersifat sebagai partikel. Materi efek fotoelektrik akan di pelajari di Fisika SMA dan akan dipraktikkan di Perguruan Tinggi Jurusan Fisika. (source:http://free.vlsm.org/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Fisika/0345%20Fis-3-6b.htm)

  21. aan amirah maimunah 71 says:

    pak, kapan quiz onlinenya baru lagi?

    Mr. Lukman says:
    Tunggu aja tanggal mainnya!

  22. David/7-1 says:

    Pak,Boleh saya kasih ide gak,

    kalo bisa,tambahkan game fisika biar asyik & bikin refreshing sehabis bikin quiz online!!!

    Mr. Lukman says:
    Wah, boleh juga tuh idenya! ntar bapak cari deh di “Mbah” Google! moga aja dapet!

  23. David/7-1 says:

    Pak,apa benar ada BLUE ENERGY!!!!
    aku denger kalo blue energy bisa bikin air laut menjadi bahan bakar
    apa bener dan seperti apa cara kerjanya?

    Mr. Lukman says
    Tentang keberadaan Blue Energy (Banyugeni) sampai saat ini masih kontrovesi. Tentang pembuatan Blue Energy, menurut Joko Suprapto (penemu Blue Energy), intinya adalah pemecahan molekul air menjadi H plus dan O2 min. Ada katalis dan proses-proses sampai menjadi bahan bakar dengan rangkaian karbon tertentu. Menurut tim peneliti dari Kementrian Riset dan Teknologi (Ristek) menyatakan bahwa untuk pembuatan bahan bakar berbahan baku air sebagai sumber hidrogen dengan teknologi elektrolisa mencapai $ 40 per Giga Joule (GJ). Sangatlah mahal bila dibandingkan penggunaan bahan baku dengan teknologi lain (gas alam, batubara), dan sayangnya lagi jauh lebih mahal daripada harga BBM dari minyak mentah (crude oil) yang hanya $ 25 per GJ, sehingga meskipun secara teknologi pembuatan BBM Sintetis dengan salah satu sumber bahan baku air memungkinkan, akan tetapi sangat tidak layak secara ekonomis. Di masa yang akan datang, Kusmayanto berharap biaya bahan bakar berbahan baku air ini lebih ekonomis sehingga pemerintah dapat mengembangkan teknologi ini bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia. Menurut peneliti dari UGM tentang Blue Energy dapat di baca di http://padanginfo.wordpress.com/2008/05/30/ugm-blue-energy-itu-penipuan/

  24. aan amirah maimunah says:

    pak, qta buat percobaanx kapan?
    n blue energy itu apa pak? kok baru denger…
    cari informasi kayak gitu dimana pa?

    Mr. Lukman says:
    1. Percobaan akan kita mulai materi suhu dan seterusnya….! Semakin lama fisika akan semakin menarik.
    2. Blue energy bisa di baca komentar. ada yang sudah menanyakan!
    3. Tanya aja “Mbah” GOOGLE aja.

  25. blogfisika says:

    mas… isinya saya postin lagi blog n wenb saya yah… boleh ga?

    Mr. Lukman says:
    Monggo (silahkan), mas! dengan senang hati! Semoga isinya dapat bermanfaat untuk semua orang!

  26. al-Muharir says:

    salam kenal dari Banjarmasin. sukses selalu untuk anda.

    Mr. Lukman says:
    Salam kenal…Terimkasih…

  27. Alistair Tody/7-1 says:

    pak,Kapan Science Club dimulai ?
    Seleksi OSN itu Kapan ?

    Mr. Lukman says:
    Hari Rabu, siswa yang berminat bergabung dengan science club silahkan datang Hari Rabu, 29 Oktober 2008 di R. Fisika. OSN masih belum ada pengumuman, biasanya bulan Mei.

  28. Alistair Tody/7-1 says:

    1.Pak,apa sih isinya Black Hole (Lubang Hitam) ?
    2.Kalu ada Black Hole ada White Hole Tidak ?
    3.pusatnya alam semesta itu apa ?
    4.apakah Black Hole Itu bisa bergerak ?
    5.apakah Black hole itu cuma ada satu ?

    Mr. Lukman Says:

    1. Black hole (lubang hitam) menyedot bintang-bintang yang di sekitarnya, termasuk cahaya tidak akan luput dari sedotan Black hole. Dengan kata lain, isi Black Hole adalah bintang-bintang, termasuk cahaya yang disedotnya.

    2. Menurut teori terciptanya alam semesta, White Hole (Lubang Putih) adalah sesuatu benda yang berperilaku menyerupai sebuah lubang hitam tetapi dengan arah waktu yang dibalikkan (time reversed black hole). Sedangkan dalam pengertian yang lain, para ilmuwan mengusulkan bahwa alam semesta memancar dan mengembang dari sebuah lubang putih (white hole), kemudian akan mengalami penyusutan dan masuk ke dalam lubang hitam (black hole). Jadi, white hole memunculkan
    alam semesta, lalu black hole menelan alam semesta itu.

    3. Dahulu pada waktu abad pertengahan, ketika teknologi dan peralatan masih sederhana, terdapat teori yang menyatakan bahwa bumi ini adalah pusat alam semesta dan semua objek seperti planet, bulan , dan matahari bergerak mengelilingi bumi. Teori ini didukung oleh pihak ortodok gereja roma. Walaupun demikian terdapat teori lain yang menyatakan bahwa matahari lah pusat alam semesta dan semua planet bergerak mengelilinginya.
    Teori yang disebut dengan heliosentris ini ditentang keras oleh pihak gereja bahkan Galilei Galileo (salah seorang pendukung teori ini) diancam dengan hukuman oleh pihak gereja jika ia tidak menarik dukungannya terhadap teori heliosentris ini. Seiring kemajuan jaman dan kemajuan teknologi teleskop, banyak ilmuwan kemudian sepakat bahwa mataharilah pusat planet. Dan baru pada abad 19 dan 20 teori tersebut dibuktikan benar.
    Dengan kemajuan teknologi abad 20 dimana memungkinkan pembuatan teleskop superbesar, kita bisa mendapatkan fakta fakta ilmiah baru. Seperti bahwa terdapat galaksi lain selain galaksi bima sakti. Padahal dulunya, ilmuwan berpikir bahwa galaksi bimasakti itulah yang disebut semesta. Hal ini menimbulkan perubahan besar pada bidang astronomi.
    Dengan demikian dapat digambarkan bahwa bumi adalah bagian dari tata surya dimana pusatnya adalah matahari. Dan Tata surya kita adalah bagian dari galaksi bima sakti. Galaksi Bimasakti adalah salah satu dari jutaan galaksi yang membentuk alam semesta kita ini.

    4. Black hole tidak bergerak tetapi hanya bergerak spiral seperti pusaran air dengan gaya gravitasi maksimum (paling kuat) sehingga menyedot benda yang ada di sekitarnya.

    5. Black hole tidak hanya ada 1, tetapi lebih dari satu (tidak ada ilmuwan yang menyebutkan dengan pasti berapa jumlah black hole yang ada di alam semesta)

  29. putut says:

    info : Saat ini Jurusan Fisika sedang berbenah untuk berganti alamat, namun pada alamat ini masih tetap kami jaga kehidupannya, apabila anda ingin berkunjung pada alamat batu kami silahkah 🙂 kami undang anda http://fisika.um.ac.id

  30. ega 7-1 wkakakakakaka says:

    wah, pak mw nanya niehh….. maksudnya ‘mbah’ toogle eh salah google… apa seehhhhh??????/ =)

    Mr. Lukman says:
    Maksudnya adalah kalo tidak mengerti suatu pakai search engine :GOOGLE

  31. Tody says:

    pak,saya punya punya beberapa alamat website astronomi yang mungkin bisa digunakan untuk science club

    1.www.astronomi2009.org
    2.rumahpengetahuan.web.id/?p=187 – 20k –
    3.www.astronomy.no
    4.www.projectsandhobbies.com/howtolearnastronomy.htm
    5.http://langitselatan.com
    6.http://hanieftrihantoro.wordpress.com
    7.http://cosmicemission.wordpress.com

    Mr. Lukman says:
    terimakasih atas informasinya. semoga dapat bermanfaat.

  32. Nadine 7-1 says:

    pak koq lama banget quiz barunyaaaa?????

    Mr. Lukman says:
    Makasih udah diingetin!

  33. Freddy Lumbantoruan says:

    terimakasih!

    bagaimana dengan adannya kehilangan 1 dimensi dari 5 dimensi?. apakah Relativitas Einstein itu kurang tepat? atau maksud dari 4 dimensi datar ini apa pak?

    sejauh saya membaca makalah-makalah pak Pantur Silaban saya belum mengetahui dimensi datar dari ruang dan waktu. Akan tetapi saya pernah baca mengenai kelengkungan akibat dari massa. bahwa yang mengakibatkan kelengkungan tersebut hanya massa (benda-benda masip) sesuai dengan buku Sthepen Hawking tentang jagat raya memuai. buku Steven Hawking (pencarian teori segala hal).

    yang jelas saya masih bingung dalam dimensi datar atau penentuan dimensi itu.

  34. Freddy Lumbantoruan says:

    okelah pak!
    klo mang begitu adanya tentang dimensi itu. terimkasih atas wordpressnya ya pak! wawasan saya bertambah setidaknya.
    thanks!

Leave a reply to fritzinfo Cancel reply